Pages

05 July 2008

Kodam Jaya Bersiap Menyongsong IT

Wah ternyata kodam jaya ikut-ikutan membuat situs, memang supaya infonya cepat didengar oleh masyarakat. ini merupakan kemajuan yang pesat di tubuh TNI sendiri. Hebat !, TNI tidak hanya mengurusi keamanan negara tapi juga memperhatikan kebutuhan masyarakat akan info dari aparatur pemerintah. agar transparan katanya.
Komando Daerah Militer Jakarta Raya (Kodam Jaya) kini menyadari bahwa teknologi informasi berbasiskan komputer merupakan fungsi yang sangat penting. Tidak heran jika kemudian mereka membuat situs khusus Kodam Jaya.

Dilansir melalui situs resmi mereka yang diluncurkan hari  Selasa (3/6/2008), Kodam Jaya mengemukakan arti pentingnya informasi sebagai alat ampuh untuk melumpuhkan lawan tanpa harus mengirim pasukan dalam jumlah besar

"Dengan mengemas sedemikian rupa, informasi yang diterima diolah untuk kebutuhan pemilik informasi. Informasi dikemas dalam bentuk yang positif maupun negatif untuk menghasilkan opini yang diinginkan. Informasi disebarluaskan secara bertahap kepada lingkungan sasaran sehingga penciptaaan kondisi seperti yang diinginkan dapat tercapai, dengan memainkan segenap komponen yang berada dalam lingkungan tersebut tanpa harus mengirim pasukan dalam jumlah besar yang lebih beresiko tinggi mengalami kerugian personil dan materil," isi salah satu tulisan dalam situs tersebut yang dimunculkan bersamaan dengan peluncuran situs ini secara resmi.

Tampilan situs Kodam Jaya memang belum terlalu atraktif dan aktif. Namun konsep dasar yang dilakukan mengindikasikan jika Kodam Jaya mengerti arti sebuah interaksi di era web 2.0. Misalnya saja penyediaan forum khusus terkait permasalahan Kodam Jaya, satu space khusus untuk berita berjalan, penyediaan akses account email dan ruang khusus menampilkan link terkait yang menghubungkan pengunjung dengan situs lain seperti Situs Markas Besar Angkatan Darat (Mabes AD), Marinir, Pemda DKI Jakarta, dan situs resmi Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya (Polda Metro Jaya).

Halaman utama situs ini diisi dengan sejumlah berita seputar kegiatan yang dilakukan oleh pejabat-pejabat Kodam Jaya, salah satunya adalah kegiatan bakti sosial yang dipimpin oleh Panglima Daerah Militer Jakarta Raya (Pangdam Jaya) Suryo Prabowo. Selain itu, di sisi kiri terdapat beberapa kanal utama� yang terdiri dari kanal Sejarah, Pataka, Santiaji, Tugas Pokok, Visi dan Misi, Struktur Organisasi, Satuan Kodam Jaya, Galeri Foto, Kesan dan Pesan, serta kanal Kontak yang berisi alamat untuk menghubungi Kodam Jaya.

Di sisi bawah daftar kanal utama, Kodam Jaya memberikan penjabaran cukup detil untuk penghitungan hit (Hit Count). Selain data pengunjung hari ini, Kodam Jaya juga memberikan informasi lengkap mengenai jumlah pengunjung hari kemarin, perhitungan pengunjung selama seminggu dan selama sebulan.

Selain forum, Situs Kodam Jaya juga dilengkapi dengan kanal foto berisi gambar-gambar yang ditampilkan dalam format slide. Situs ini dibuat Kodam Jaya dengan melibatkan Telkom dan Jobitkom

Kodam Jaya yang merupakan institusi militer resmi di Indonesia dilengkapi dengan nama domain mil.id yang merupakan domain wajib untuk situs institusi militer. www.kodam-jaya.mil.id 

1 comment:

osissman1subang@yahoo.co.id said...

wah?? Kodam?? lawan berattuh fer. he..