Pages

03 July 2008

Bulu Tangkis

Ketika saya melihat pertandingan Piala Thomas Indonesia vs Thailand. Walaupun Indonesia menang 3-2, terus terang saja penampilan Taufik Hidayat bagi saya sangat mengecewakan. Apalagi karena kekalahannya lebih banyak disebabkan kesalahan sendiri (unforced error kalau kata para komentator olahraga). Seperti menonton pemain pemula rasanya.

Menonton piala Thomas, jadi ingat lagi zaman-zaman dulu (kata orang tua zaman dulu) , waktu prestasi olahraga Indonesia masih bisa diperhitungkan setidaknya di kancah Asia Tenggara. Kalau kita bicara SEA Games, di zaman dulu (akhir tahun 1980-an), Indonesia itu bicaranya bisa juara umum atau tidak. Selalu bersaing ketat dengan Thailand. Tapi sekarang, kok sepertinya Indonesia minnya kaya gitu ya? Barangkali kita yang jalan di tempat, sementara negara-negara lain berlari kencang? Jujur saja, dulu Malaysia atau Vietnam, itu tidak pernah dianggap ancaman serius bagi atlit Indonesia di SEA Games. Tapi sekarang? Waduh deg…deg…serr

Piala Thomas pun begitu. Tak sengaja saya tadi membaca sebuah artikel (lupa lihat di mana), Indonesia satu-satunya negara yang pernah menjuarai Thomas Cup 16 kali (CMIIW). Cina yang sekarang sangat dominan di dunia bulutangkis pun, baru menjuarai 6 kali. Bagi anda yang sempat melihat kejayaan tim Thomas Cup Indonesia, dari angkatan Icuk Sugiarto, Alan Budikusuma, Ardy Wiranata, Hariyanto Arbi, Ricky Subagdja, Rexy Mainaky, Richard Mainaky, rasanya dulu tim Thomas Cup Indonesia itu serupa dewa bulutangkis dunia. Menontonnya pun gemuruh, penuh semangat. Televisi menyiarkan langsung, dan semua orang sudah siap di depan televisi, setiap kali tim Indonesia akan bertanding.

Melihat prestasi olahraga Indonesia, bagi saya seperti melihat prestasi Indonesia secara umum. Sepertinya lebih banyak sisa-sisa kejayaan masa lalu. Semua orang berlari cepat, tapi kita sepertinya terhenti di tempat itu-itu saja.

Kita sebagai generasi penerus hendaknya segera bangkit memperbaiki citra Negara Indonesia tercinta. BRAVO OLAH RAGA INDONESIA !!!!!!!!!!!!

No comments: